Senin, 08 Agustus 2011

CINTA

-->
Seperti sebuah tiupan angin, cinta itu lembut dan mengantarkan kesejukan. Angin adalah sesuatu hal yang abstrak. Tapi ketika dia sudah bertindak kasar, jangankan segundukan gunung pasir yang tinggi, gedung angkuh dan menara pencakar langit pun bisa luluh lantak tanpa sisa.

Demikian pula cinta, ia di takdirkan sebagai satu tanpa bentuk, nama untuk beragam perasaan, judul untuk gemuruh hati, muara dari berjuta makna, wakil dari harapan tak terkira dan kekuatan yang tak terartikan.

Cinta mampu mengubah seorang pengecut menjadi seorang pemberani, yang pelit jadi dermawan, yang malas jadi rajin, yang pesimis jadi optimis, yang kasar jadi lembut dan yang lemah jadi kuat. Cinta merajut emosi manusia dengan begitu agung bahkan rumit sekaligus. Maka syair-syair Rabi`ah Adawiyah. Jalaludin Rumi, Mohammad Labai, Kahlil Gibran, sampai Romeo dan Juliet serta Cinderella menjadi begitu abadi tersimpan di dalam lembar sejarah hidup manusia.
-->
Jika tidak ada cinta, dunia akan membeku menurut Jalaludin Rumi dan menurut Don P. Herod cinta itu seperti pertandingan tenis kamu tidak akan pernah menang terus menerus sebelum kamu belajar untuk melakukan pukulan awal dengan baik.

Cinta tidak pernah habis dibicarakan dimanapun dan kapanpun bahkan arti cinta itu sendiri sering di salah pahami dan di tuding sebagai penyebab terjadinya pertikaian dan kerusakan di bumi, padahal cinta sangat berjasa bagi manusia karena berkat cinta manusia dapat membentuk keluarga, mempunyai keturunan dan dapat hidup bermasyarakat.

Orang-orang inggris menyebut cinta dengan LOVE, bahasa jepang mengungkapkan AISHITERU dan orang-orang arab menyebutnya MAHABBAH, dalam kamus bahasa inggris kata cinta (LOVE) memiliki arti :

  1. Rasa kasih sayang yang lembut dan mendalam serta perhatian terhadap seseorang yang timbul dari kebaikan hati atau rasa untuk memiliki.
  2. Hasrat dan rasa keterkaitan yang kuat terhadap seseorang yang di takdirkan untuk bersama dalam emosi, seks.
  3. Sentuhan emosi yang mendalam.
  4. Istilah ini sering di gunakan utntuk mengungkapkan rasa kasih sayang.
  5. Suatu Ekspresi dari rasa kasih sayang seseorang sehingga terucap kalimat “Sampaikan cintaku padanya”.
  6. Rasa suka atau antusiasme yang kuat.
  7. Hasrat seksual atau hubungan seksual.
  8. Anugerah yang diberikan oleh Tuhan.
Kata tokoh pemikir muslim Dr. Yusuf Qordawi cinta adalah ruh kehidupan dan pilar dari lestarinya umat manusia, maka cinta itulah yang menjadi kekuatan penahan dari terjadinya benturan antara manusia yang bisa mendorong kehancuran “Ya” hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga.

Untuk memulai memahami hakikat cinta perlu di telusuri terlebih dahulu makna-makna cinta yang berkaitan dengan kata cinta kamus bahasa indonesia mengartikan cinta sebagai perasaan suka, sayang, kasih, terpikat, rasa ingin memiliki, rasa rindu hingga sikap rela melakukan apapun demi yang dicintai, bila disederhanakan maka cinta dengan bahasa indonesia adalah perasaan yang dimiliki terhadap sesuatu untuk memiliki, mendapatkan perasaan untuk dapat bersama-sama hingga melahirkan sikap patuh, bahkan bersedia melakukan apapun demi memperoleh apa yang diinginkan, itulah pengertian cinta secara detail dan rinci, sebab jika berbicara masalah cinta sampai kapanpun tak akan pernah ada habisnya.

Toriq Fahmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar